Saturday, October 3, 2015

apa artinya saya mengaku muslim? (2)

Resensi buku, oleh Dinar Khairunisa
Judul Buku : Komitmen Musim Sejati - Fathi Yakan
BAB 1
apa artinya saya mengaku muslim?

ketiga : SAYA HARUS MENGISLAMKAN KELUARGA DAN RUMAH TANGGA SAYA

       Saya harus membawa risalah Islam kepada “masyarakat kecilku” : kepada keluargaku, kepada istriku, kepada anak – anakku, kemuadian kepada kerabat dekat, kemuadian yang terdekat. Itulah jalan yang ditempuh oleh Rasullah Saw. pada saat memulai dakwah. Seperti yang difirmankan oleh Allah Swt dalam Al-Quran Surat Asy-Syu’ara : 213 -215 dan Qs. Al- Tahrim: 6. Karena itu, tugas pertama bagi seorang Muslim setelah dirinya sendiri adalah bertanggung jawab terhadap keluarga, rumah tangga, dan anak-anaknya.

A.      Tanggung Jawab Pernikahan

1.         Pernikahan harus saya laksanakan semata – mata karena Allah, yaitu dalam rangka membentuk rumah tangga muslim.

Dalil : Qs. Ali ‘Imran :34

2.        Hendaklah salah satu tujuan pernikahanku adalah menahan pandangan, memelihara kemaluan, dan bertakwa kepada Allah.

3.        Saya harus memilih istri, pendamping hidup dan teman perjalanan dengan sebaik – baiknya.

4.       Saya harus memilih wanita yang berakhlak dan beragama, sekalipun lebih rendah dibandingkan wanita lain dalam hal harta dan kecantikan.

5.        Saya harus berhati – hati jangan sampai melanggar perintah Allah dalam hal pernikahan.

B.       Tanggung Jawab Pascapernikahan

1.         Saya harus bersikap baik dan menghargainya, agar tumbuh kepercayaan antara saya dan dia.

2.        Jangan sampai hubungan dengan istriku sebatas hubungan ranjang dan nafsu semata. Tetapi yang lebih penting yaitu harus ada hubungan kesesuaian dalam pemikiran, spritual, dan emosi. Dalil : Qs. Thaha : 132 dan Maryam :55

3.        Hubungan dengan istriku harus mengikuti tuntunan syara’. Jadi, tidak dijalin dengan mengorbankan Islam atau dalam hal – hal yang diharamkan Allah.

C.       Tanggung Jawab Bersama dalam Mendidik Anak

Dalil : Qs. Al-Furqan : 74

No comments:

Post a Comment